SEARCH

Memuat...

DAFTAR HALAMAN

VISI MISI PERUSAHAAN INTERNASIONAL & CSR PERUSAHAAN NASIONAL INDONESIA

VISI MISI PERUSAHAAN INTERNASIONAL
Dalam paparan mengenai visi dan misi perusahaan skala internasional, perusahaan yang saya bahas adalah eBay.com, McDonald’s dan Amazon.com.
1. eBay.com
eBay adalah situs lelang di dunia, didirikan oleh Pierre Omidyar pada 3 September, 1995 di San Jose, CA. Awalnya bernama AuctionWeb dan merupakan bagian dari situs pribadi yang lebih besar
a. Visi
Menjadikan perusahaan sebagai pemimpin dunia dalam pelayanan kepada pelanggan secara online.
b. Misi
Menjadi pusat pelayanan pelanggan yang terkemuka di dunia. Tempat orang-orang menemukan. apa yang diinginkan dan dibeli secara online. Dengan motto: kerja keras, menyenangkan, dan tercatat dalam sejarah.

Analisis :
Dalam visi dan misi eBay.com memiliki beberapa komponen seperti spesifikasi produk dan jasa serta teknologi yang di tawarkannya dalam bidang penjualan barang dan jasa secara online dengan market pasar yang akan dikuasai oleh eBay.com adalah pasar dunia. Teknologi yang digunakan tentunya adalah high technology information dimana dalam hal ini yang dimaksud adalah internet.

2. McDonald’s
1. Visi
Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “to be the world’s best quick service restaurant experience” (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia).
McDonald's menjadi terbaik dalam artian :

1. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
2. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.
3. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat
sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald's.
4. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
5. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan.
6. Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
7. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industri ini.
8. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.

2. Misi
McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.

Analisis :
Dalam visi dan misi McDonald’s memiliki beberapa komponen seperti spesifikasi produk yang ditawarkannya dalam bidang restoran cepat saji dengan market pasar yang akan dikuasai oleh McDonald’s adalah pasar dunia. Mengenai teknologi yang digunakan, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai bentuk teknologi yang diterapkan dalam operasional McDonald’s.

3. Amazon.com
Visi dan Misi Amazon.com sebagai perusahaan yang paling customer-centric adalah pelanggan dapat temukan apapun yang mereka ingin dengan mudah melalui pembelian online, dan harga yang rendah.

Analisis :
Dari misi yang dimiliki oleh Amazon.com, terlihat bahwa Amazon.com berusaha fokus pada pelanggan saat ini di mana konsumen cenderung untuk memiliki waktu yang minim untuk berbelanja secara konvensional. Jadi, Amazon.com menawarkan solusi bagi konsumen sehingga konsumen bisa berbelanja di mana saja dan kapan saja dengan syarat terkoneksi internet. Selain itu, konsumen dapat mempertimbangkan harga yang ada di internet.
Dalam visi dan misi amazon.com memiliki beberapa komponen seperti spesifikasi produk serta teknologi yang ditawarkannya dalam bidang penjualan buku online dengan market pasar yang akan dikuasai oleh amazon.com adalah pasar dunia. Teknologi yang digunakan tentunya adalah high technology information dimana dalam hal ini yang dimaksud adalah internet.





CSR PERUSAHAAN NASIONAL DI INDONESIA

1. PT. MARTINA BERTO Tbk. (MARTHA TILAAR GROUP)
Pada tanggal 1 Desember 2008, Martha Tilaar mengadakan event Tanam Pohon Bersama yang dilakukan di area Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar di Cikarang. acara ini merupakan salah satu CSR yang dilakukan oleh Martha Tilaar menuju Good Corporate Governance. Selain itu, pada tahun 2011, pembangunan pabrik baru Martha Tilaar di cikarang sebagian akan dibuat kebun herbal dari total luas lahan 10 hektar. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan sebagian dari program CSR yang telah dilakukan oleh Martha Tilaar sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.
Analisis CSR ke dalam 5 prinsip Inisiatif sosial kolaboratif :
1. Mengidentifikasikan misi jangka panjang yang tahan lama
Keadaan global yang makin memburuk dengan ditandainya isu-isu global warming, membuat pihak Martha Tilaar juga bertanggung jawab sebagai pelaku industri yang sedikit banyak telah menyumbang polusi sebagai akibat dari hasil olah sisa produksi pabrik (limbah) kepada lingkungan sekitar industri. Dari kesadaran untuk turut menjaga kelestarian lingkungan dan juga sebagai wujud kepedulian sosial, Martha Tilaar mulai menggerakkan kegiatan tanam pohon, khususnya tanaman herbal jamu, yang ditanam di area sekitar pabrik produksi agar polusi di sekitar pabrik dapat sedikit berkurang.
2. Meningkatkan kapabilitas inti : kontribusikan “apa yang kami lakukan”
Menggerakkan segenap lapisan masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan menanam pohon guna pengurangan polusi dan penyebab global warming khususnya dalam lingkungan Martha Tilaar. dengan kegiatan tersebut, diharapkan Martha Tilaar dapat lebih mengolah hasil olah sisa (limbah) industrinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kepeduliannya terhadap isu-isu global warming dan juga meningkatkan kesadaran konsumen akan pemilihan produk kecantikan yang ramah lingkungan.
3. Kontribusikan jasa khusus berskala besar
Dalam melakukan program CSR ini, pihak Martha Tilaar bekerjasama dengan segenap lapisan masyarakat yang tujuannya agar program dapat berjalan dengan baik.

4. Menimbang pengaruh pemerintah
Dalam program CSR ini tenttunya pemerintah sangat mendukung dikarenakan pihak Martha Tilaar sedikit banyak telah membantu pemerintah dalam kepeduliannya akan isu-isu pemanasan global dan hal ini terbukti nyata yaitu setelah program terlaksana, terjadi perbaikan lingkungan yang cukup berarti di lingkungan sekitar industri.
5. Menyusun dan menilai total paket manfaat
Citra Martha Tilaar di depan public menjadi semakin positif sehubungan dengan CSR yang telah dilakukan dan menjadikan Martha Tilaar sebagai salah satu produk kecantikan yang ramah lingkungan.

2. PT. BNI (Persero) Tbk.
BNI telah mengalokasikan 35% dana CSR ke dalam bentuk pendidikan, yakni memberikan beasiswa kepada SEKITAR 7.294 siswa di seluruh Indonesia sejak tahun 2004, renovasi bangunan sekolah, juga memberikan bantuan fisik kepada ratusan sekolah termasuk perpustakaan dan laboratorium sekolah.
Analisis CSR ke dalam 5 prinsip Inisiatif sosial kolaboratif :
1. Mengidentifikasikan misi jangka panjang yang tahan lama
Kurangnya perhatian akan dunia pendidikan menjadi salah satu fokus dari program kepedulian sosial Bank BNI sebagai pelaku lembaga keuangan perbankan di Indonesia. Dengan memberikan bantuan kepada siswa-siswa yang kurang beruntung dan kepada sekolah-sekolah yang memiliki bangunan kurang representative untuk kegiatan belajar mengajar, Bank BNI telah menunjukkan kepeduliannya akan generasi penerus yang membutuhkan fasilitas layak guna mencapai kesuksesan di masa mendatang.
2. Meningkatkan kapabilitas inti : kontribusikan “apa yang kami lakukan”
Memberikan fasilitas terbaik bagi siswa dan juga sekolah yang diharapkan mampu menunjang operasional belajar-mengajar. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan generasi muda Indonesia dapat lebih maju dan mengembangkan pengetahuan melalui sarana yang telah diberikan oleh Bank BNI.


3. Kontribusikan jasa khusus berskala besar
Dalam melakukan program CSR ini, pihak Bank BNI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan juga sekolah-sekolah yang tujuannya agar program dapat berjalan dengan baik.
4. Menimbang pengaruh pemerintah
Dalam program CSR ini tenttunya pemerintah sangat mendukung dikarenakan pihak Bank BNI sedikit banyak telah membantu pemerintah dalam kepeduliannya terhadap bidang pendidikan Indonesia dan juga kemajuan generasi muda Indonesia dan hal ini terbukti nyata yaitu setelah program terlaksana, terjadi perbaikan kelangsungan belajar-mengajar yang cukup berarti di bidang pendidikan Indonesia.
5. Menyusun dan menilai total paket manfaat
Bank BNI menjadi salah satu perusahaan yang peduli terhadap kelangsungan pendidikan di Indonesia dan hal ini menjadikan Bank BNI menjadi salah satu perusahaan yang patut diberikan penghargaan berkaitan dengan kepeduliaanya akan pendidikan.

3. NESTLE
Program CSR yang dilakukan oleh Nestle lebih fokus kepada penanganan kesehatan dan kesejahteraan di bidang nutrisi, air, dan pembangunan pedesaan. Di bidang nutrisi, Nestle bekerjasama dengan berbagai pihak mengatasi isu-isu yang berkaitan dengan nutrisi melalui pendidikan nutrisi yang membantu konsumen dalam membuat keputusan yang cerdas dalam pemilihan pola makan dan gaya hidup. hal ini juga meningkatkan kesadaran atas pentingnya makanan sehat dan aktifitas fisik.
Di bidang air, Nestle bekerjasama dengan PMI membantu 1.600 masyarakat desa Telagaluhur, Serang-Banten untuk memperoleh akses ke air bersih dan sehat. Proyek tersebut menghasilkan sistem irigasi ramah lingkungan dengan menggunakan air limbah yang telah dikelola. Program tersebut masih berlanjut hingga sekarang.
Dan di bidang pembangunan pedesaan, sejak tahun 1975, Nestle telah bekerjasama dengan peternak susu di Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan mereka melalui direct procurement susu segar yang dihasilkan dan pada saat yang bersamaan memperbaiki kualitas dan kuantitas susu yang diproduksi para peternak tersebut. Kini, Nestle membeli kurang lebih 600.000 liter susu setiap hari dari sekitar 300.000 peternak susu di Jawa Timur.
Nestle juga telah bermitra dengan petani kopi di Lampung sejak tahun 1994 untuk memberikan penyuluhan untuk peningkatan jumlah dan kualitas panen dan meningkatkan kesejahteraan petani. Nestle bekerjasama dengan Insititut Penelitian Kopi dan Kakao di Jember dalam proses identifikasi biji kopi yang baik melalui pemetaan genetika. Dukungan tersebut diberikan dengan menghibahkan teknologi Somatic Emryogenesis yang memungkinkan petani menanam jenis kopi terbaik dalam jumlah besar dengan waktu sesingkat mungkin.
Analisis CSR ke dalam 5 prinsip Inisiatif sosial kolaboratif :
1. Mengidentifikasikan misi jangka panjang yang tahan lama
Penanganan kesehatan dan kesejahteraan di bidang nutrisi, air, dan pembangunan pedesaan menjadi focus kegiatan CSR Nestle. Melalui peningkatan nutrisi, pengadaan air bersih, dan pembangunan pedesaan, Nestle mampu membuktikan kepeduliannya terhadap masyarakat melalui kegiatan-kegiatan tersebut yang dirasa penting bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.
2. Meningkatkan kapabilitas inti : kontribusikan “apa yang kami lakukan”
Memberikan pendidikan nutrisi yang membantu masyarakat dalam membuat keputusan yang cerdas dalam pemilihan pola makan dan gaya hidup. hal ini juga meningkatkan kesadaran atas pentingnya makanan sehat dan aktifitas fisik. Kemudian, sistem irigasi ramah lingkungan dengan menggunakan air limbah yang telah dikelola juga diberikan oleh Nestle sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap penyediaan air bersih masyarakat desa. Selain itu, dengan merangkul para peternak susu daerah dan juga petani kopi, Nestle ikut membantu memberikan pengetahuan yang lebih lagi kepada mereka dan juga turut membantu dalam peningkatan produksi ke arah yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para peternak dan petani tersebut.
3. Kontribusikan jasa khusus berskala besar
Dalam melakukan program CSR ini, pihak Nestle bekerjasama dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Kesehatan Daerah, PMI, dan juga Institut Kopi dan Kakao Jember yang bertujuan agar program tersebut dapat berjalan dengan baik.
4. Menimbang pengaruh pemerintah
Dalam program CSR ini tentunya pemerintah sangat mendukung dikarenakan pihak Nestle telah cukup membantu pemerintah dalam kepeduliannya terhadap bidang kesehatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan hal ini terbukti nyata yaitu setelah program terlaksana, terjadi perbaikan nutrisi pada masyarakat dan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.
5. Menyusun dan menilai total paket manfaat
Nestle menjadi salah satu perusahaan yang sangat peduli terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, sesuai dengan produk-produk yang telah dihasilkan yang juga menunjang akan kesehatan masyarakat Indonesia.
























DAFTAR PUSTAKA

http://beritasore.com/2008/05/12/bni-alokasikan-35-persen-dana-csr-untuk-pendidikan/
http://www.bni.co.id/BNIBerbagi/tabid/179/Default.aspx
http://ernanana88.blogspot.com/2010/03/tugas-2-manajemen-strategi.html
http://investasi.kontan.co.id/v2/read/1294904446/56370/Martha-Tilaar-gunakan-31-hasil-IPO-MBTO-untuk-bangun-pabrik
http://www.kabarbisnis.com/content/article/?page=csr&id=298
http://www.kabarbisnis.com/m/read/285265
http://www.kabarbisnis.com/umum/csr/286448-CSR__Nestle_beri_penyuluhan_200_000_orang.html
http://melisaftik.blogspot.com/2011/03/aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.html
http://ridhowismadi.blogspot.com/2010/03/visi-misi-mc-donald.html
http://srirejeki-bl.blogspot.com/2010/03/visi-misi-dan-strategi-perusahaan.html
http://strategik.fe.uns.ac.id/?p=384
http://yasinta-maria.blogspot.com/2009/03/visi-misi-perusahaan.html
http://yosevasilaen.wordpress.com/2010/06/01/e-crm-di-perusahaan-profit-www-amazon-com/

1 komentar:

ocamprahmat

asalamualaikum,saya ingin tanya,apakah oreo benar memberikan hadiah mobil,di karenakan soudara saya mendapatkan hadiah dari dalam bunkus oreo,berhadiah mobil,bliau di suruh teransper uang sebesar 3 juta,untuk pembuatan sim,apakah itu benar,tolong di bantu apa bila itu benar

Poskan Komentar