SEARCH

DAFTAR HALAMAN

TACIT KNOWLEDGE

Tacit knowledge adalah sebuah pengetahuan yang sulit dikomunikasikan kepada orang lain, baik dengan bahasa kata maupun tulisan, hanya pemilik pengetahuan sendiri yang memahaminya. Tacit knowledge ini susah dikomunikasikan dan sulit untuk diterjemahkan ke dalam bentuk yang lebih terstruktur seperti explicit knowledge. Namun , tacit knowledge dapat codificate sehingga dapat dijadikan explicit knowledge. Dalam prakteknya untuk memindakan tacit knowledge ke dalam explicit knowledge adalah dengan melakukan proses training atau melalui pengalaman yang dimiliki seseorang.
Explicit knowledge adalah pengetahuan yang telah di artikulasikan sehingga lebih terstruktur dan dapat disimpan, serta dapat dipindahkan ke siapapun dengan mudah. Bentuk dari explicit knowledge, meliputi : laporan, dokumen, dan prosedur.
Menurut beberapa penelitian, tacit knowledge dapat diminimalisir dengan beberapa cara dan metode dan hal ini erat hubungannya dengan knowledge management. Menurut Parsaye, tacit knowledge ini bisa ditangkap dengan beberapa cara, diantaranya dengan belajar kelompok, eLearning, Action Learning, dsb.
Dalam esensis knowledge management diperlukan tacit knowledge dan explisit knowledge supaya membuat knowledge management menjadi kaya akan pengetahuan dan dapat di-transmit ke seorang lainnya. Hal ini berguna untuk membantu organisasi tidak kehilangan knowledge yang dimiliki seseorang ketika seorang tersebut keluar meninggalkan organisasi.

1 komentar:

Unknown

kak dalam belajar bahasa asing ada tacr knowledgenya juga ndk kk?

Posting Komentar